NHW #4 Matrikulasi IIP

6:02:00 AM

Masih dengan last minutes ngerjain pr nya niih...*tutup muka*

Jadi di NHW #4 ini kami diminta utk flashback ke NHW sebelumnya, jikalau ada yg mau dirubah...monggo gitu. Supaya milestone atau roadmap yg mau dibuat jg terarah...

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?
Masiiiiih 😁

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
INSHALLAH tidak akan mengubah dulu, karena tujuan dari awal ikut IIP adalah memang ingin belajar how to be a professional wife and mother, yg ilmunya tidak pernah diajarkan di kampus manapun.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Sezuzurnya, belum bikin cheklist utk daily activity or detail checklist yg udh dibuat di NHW #2 alasannya krn blm beli book organizer/plan (ingat yaa...ini halasyaan klasik 🙈). Tapi I'm still on my way menjalani checklist yg udh ditetapkan sekalipun masih random ngerjainnya, tapi yg penting sudah dalam upaya utk "memantaskan diri". Yaaa...masih lunak siih, banyak toleransi jadinya blm disiplin sesuai dengan niatan awal.

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Kalo lingkupnya bukan hanya di keluarga, mungkin ya..masih mungkin niiih, saya ada untuk membantu lingkungan sekitar. Membantu dalam segala macam hal yang bisa saya lakukan. Di kantor, saya mungkin membantu perusahaan dalam menjalankan fungsi sebagai HRD, di keluarga besar mungkin saya membantu dalam hal finansial atau pendidikan, di lingkungan masyarakat mungkin membantu dalam hal gotong royong menjaga kebersihan ataupun aksi sosial berupa charity, dll.
Misi Hidup : Menjadi orang yang bermanfaat.
Bidang : Pendidikan, baik parenting maupun ilmu sederhana lainnya.
Peran : Relawan dan Inspirator/pendidik.
*Jawaban no. 3 ini saya masih ngawang2 nih, jd kalo nanti dibahas dan ternyata salah mesti tak update ya..😆

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Jika mengikuti kurikulum IIP maka sy akan mengikuti ilmu2 dgn urutan ini. Toh klo saya pikir2, dengan memperbaiki diri terlebih dahulu dan mengaplikasikan ilmu tsb dr lingkungan yg paling kecil, lama kelamaan akan berpengaruh ke lingkungan yg lebih besar dan kita menjadi lebih berdaya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Jadi ilmu2 yg saya perlukan sudah semuanya tercakup di kurikulum IIP sbg berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Saya menetapkan KM 0 pada usia 29 th, dengan rumus 1000 jam terbang, inshallah..mudah2an selama 4 tahun saya bisa menguasai ilmu2 sebagai berikut :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Kayaknya sih sudah yaah 😂

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Still on my way...berusaha istiqomah menjaga mood jugaa

Bismillah ya....pasti bisa.

You Might Also Like

0 comments